TARGET
PASAR
target pasar
adalah kelompok konsumen yang mempunyai ciri-ciri atau sifat hampir sama
(homogen) yang dipilih perusahaan dan yang akan dicapai dengan strategi bauran
pemasaran (marketing mix). Dengan ditetapkannya target pasar, perusahaan
dapat mengembangkan posisi produknya dan strategi bauran pemasaran untuk setiap
target pasar tersebut. Target pasar perlu ditetapkan, karena bermanfaat dalam :
1.Mengembangkan posisi produk dan strategi bauran pemasaran.
2.Memudahkan penyesuaian produk yang dipasarkan dan strategi
bauran pemasaran yang dijalankan (harga yang tepat, saluran distribusi yang
efektif, promosi yang tepat) dengan target pasar.
3.Membidik peluang pasar lebih luas, hal ini penting saat
memasarkan produk baru.
4.Memanfaatkan sumber daya perusahaan yang terbatas
seefisien dan seefektif mungkin
5.Mengantisipasi persaingan
A. Mengukur dan meramalkan pasar
permintaan
I.
Konsep Utama dalam Pengukuran
Permintaan
Sebagai
bagian dari perencanaan mereka yang tengah berlangsung, perusahan
mempersiapkan banyak estimasi ukuran
pasar. Permintaan dapat diukur
berdasarkan enam tingkat produk yang
berbeda, lima tingkat wilayah yang berbeda,
dan tiga tingkat waktu yang berbeda.
Masing-masing pengukuran permintaan
melayani satu tujuan khusus.
Suatu perusahaan mungkin meramalkan
permintaan jangka pendek suatu jenis
produk tertentu untuk tujuan
pemesanan bahan baku, untuk perencanaan produksi,
dan untuk meminjam uang tunai. Ia
mungkin meramalkan permintaan regional dari
lini produksi utamanya untuk
memutuskan pembentukan suatu jalur distribusi
regional.
Dalam menentukan kriteria jenis-jenis pasar, kita berpedoman pada 4O, yakni
:
a.
Apa yang dibeli (object)
b.
Mengapa membeli (objective)
c.
Siapa yang membeli (organization)
d.
Bagaimana membelinya (operation)
Adapun jenis-jenis pasar adalah :
1. Pasar Konsumen
Pasar konsumen adalah
sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsikan, bukan untuk
dujual atau diproses lebih lanjut. Yang termasuk kelompok ini adalah pembeli
individual/pembeli rumah tangga (non bisnis).
Apa yang
dibeli? Barang dan
jasa konsumsi.
Mengapa membeli? Untuk memuaskan kebutuhan. Sedangkan timbulnya kebutuhan
disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: perkembangan fisik, sosial, ekonomi,
dll.
Siapa yang
membeli? Satu, beberapa
orang, atau mereka yang berada dalam suatu kelompok yang disebut unit
pengambilan keputusan, yang terdiri dari :
a.
initiator, yakni orang yang pertama kali mempunyai ide untuk
membeli produk.
b.
Influencer yakni orang yang mempengaruhi keputusan dalam pembelian.
c. Decider yakni orang yang menentukan secara sebagian atau secara
keseluruhan dari keputusan pembelian.
d.
Purchaser yakni orang yang melaksanakan pembelian.
e.
User, yakni orang yang memakai atau mengkonsumsikan.
Bagaimana
membelinya? Dengan cara reminder buying atau sugesstion buying. Reminder buying adalah pembelian tanpa direncanakan yang didasarkan
pada ingatan. Sedang suggestion buying
adalah pembelian tanpa direncanakan yang didasarkan pada suatu sasaran dari
orang lain.
contohnya pada toko online indonesia yaitu ekiosku.com mengadakan sebuah gebrakan pemasaran untuk meramaikan situsnya dengan membuat sebuah program affiliate ekilink yang saat ini terkenal dengan julukan oleh para netter indonesia.
contohnya pada toko online indonesia yaitu ekiosku.com mengadakan sebuah gebrakan pemasaran untuk meramaikan situsnya dengan membuat sebuah program affiliate ekilink yang saat ini terkenal dengan julukan oleh para netter indonesia.
2. Pasar Produsen
Pasar produsen juga disebut
pasar industri atau pasar bisnis adalah suatu pasar yang terdiri atas
individu-individu, lembaga atau organisasi yang membeli barang-barang untuk
diproses lagi sampai menjadi produk akhir yang kemudian di jual atau disewakan.
Apa yang
dibeli? Barang dan
jasa Industri, antara lain :
a.
Bahan dasar dan
komponen, contoh : gandum, semen, mesin, ban, dll.
b.
Barang-barang
modal, contoh : komputer, bangunan, forklift, mesin tik, dll.
c.
Supplies dan
services, contoh : batu bara, konsultasi, periklanan, dll.
Mengapa
membeli?Untuk membantu
atau memperlancar usahanya dengan tujuan dapat memperoleh laba dari penjualan
hasil produksinya.
Siapa yang
membeli? Dapat
dilakukan sendiri atau ditangani oleh suatu bagian/departemen dalam organisasi/perusahaan
tersebut, tergantung dari nilai pembeliannya.
Bagaimana
membelinya? Terdapat 3
macam situasi yang berbeda, yaitu:
a.
tugas baru,
artinya pembeli baru pertama kali akan membeli (paling kompleks)
b.
Pembelian
ulang, artinya pembeli sudah pernah melakukan pembelian barang yang sama, dan
akan membeli lagi untuk kedua atau ketiga kalinya.
c.
Pembelian
terus-menerus, artinya pembeli sudah berkali-kali melakukan pembelian barang
yang sama.
3. Pasar Penjual/Pedagang Perantara (Reseller Market)
Pasar penjual adalah suatu
pasar yang terdiri dari individu dan organisasi yang memperoleh atau membeli
barang dengan maksud untuk dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba.
Apa yang
dibeli? Barang yang
akan dijual lagi. Hanya saja, barang yang dibelinya tidak diproses, melainkan
langsung dijual lagi
Mengapa
membeli? Untuk
mendapatkan laba.
Siapa yang membeli? Dapat dilakukan sendiri atau ditangani oleh suatu
bagian/departemen dalam organisasi/perusahaan tersebut, tergantung dari nilai
pembeliannya.
Bagaimana
membelinya? Pasar penjual
berusaha mencari supplier atau produsen yang paling baik. Faktor-faktor yang
diperhatikan : syarat pembayaran, pelayanan,dll.
Seperti halnya toko baju online yaitu Bajumurmer.com Toko Baju Online Jual Baju Grosir Murah Reseller Dress Gamis yang saat ini tengah mengadakan kegiatan marketing dengan mengadakan kontes seo dan dengan memberikan diskon yang besar-besaran kepada konsumennya, ini semua termasuk strategi pemasaran oleh situs bajumurmer.com tersebut.
Seperti halnya toko baju online yaitu Bajumurmer.com Toko Baju Online Jual Baju Grosir Murah Reseller Dress Gamis yang saat ini tengah mengadakan kegiatan marketing dengan mengadakan kontes seo dan dengan memberikan diskon yang besar-besaran kepada konsumennya, ini semua termasuk strategi pemasaran oleh situs bajumurmer.com tersebut.
4. Pasar Pemerintah
Pasar
pemerintah adalah pasar
dimana terdapat lembaga-lembaga pemerintahan, yakni : departemen, direktorat,
dan instansi lain yang membeli atau menyewa barang-barang untuk membantu
melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan.
Apa yang
dibeli? Barang dan
jasa untuk keperluan di bidang pertahanan, dikbud, pekerjaan umum, kesehatan,
kesejahteraan rakyat. Barang yang dibeli misalnya pesawat terbang, kapur tulis,
jasa konstruksi, dll. Secara umum, semua ini dapat dimasukkan kedalam kelompok
barang konsumsi dan barang industri.
seperti halnya programer pembuat Game Onet yang saat ini banyak sekali dicari dan dimainkan oleh para gamers indonesia tentunya, selalu melaksanakan promosi besar-besaran
seperti halnya programer pembuat Game Onet yang saat ini banyak sekali dicari dan dimainkan oleh para gamers indonesia tentunya, selalu melaksanakan promosi besar-besaran
Mengapa
membeli? Untuk
kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.
Siapakah yang
membeli? Organisasi
atau lembaga pemerintahan, baik pusat ataupun daerah.
Bagaimana
membelinya? Dengan
penawaran secara terbuka (tender) atau kontrak perjanjian langsung dengan
supplier untuk melaksanakan proyek.
5. Pasar International
Pasar
International meliputi beberapa negara di dunia.
Apa yang di beli? Barang atau jassa konsumsi maupun industri.
Mengapa membeli? Untuk memuaskan kebutuhan, atau untuk
mendapatkan laba dengan menjualnya lagi, menyewakan atau memproses menjadi
barang lain untuk dijual, juga untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.
seperti halnya kedua agen bola online yaitu Agen Bola Promo 100% SBOBET IBCBET Casino Poker Tangkas Online yang selalu memberikan kepuasan pelayanan terhadap konsumennya dalam hal transaksi, jadi jangan sampai anda mengecewakan konsumennya ya.
seperti halnya kedua agen bola online yaitu Agen Bola Promo 100% SBOBET IBCBET Casino Poker Tangkas Online yang selalu memberikan kepuasan pelayanan terhadap konsumennya dalam hal transaksi, jadi jangan sampai anda mengecewakan konsumennya ya.
Siapa yang
membeli? Pembelian
dapat dilakukan oleh pembeli individual dan pembeli rumah tangga, pembeli
industri, lembaga pemerintahan, dan pedagang. Dapat dikatakan bahwa pasar
International merupakan kombinasi dari keempat jenis pasar yang telah
dijelaskan di muka.
Bagaimana
membelinya? Karena pihak
yang menjual barang/jasa berada di negara lain, maka pembelian dilakukan oleh
dua pembeli atau pasar (negara tertentu) harus melalui prosedur perdagangan
international yang mencakup ekspor-impor.
C. Segmentasi
Pasar dan Dasar Segmentasi
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi
kelompok-kelompok pembeli yang
berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang
mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar
juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para
pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
Dalam penetapan segmentasi pasar,
terdapat beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu:
Dasar–dasar segmentasi pasar pada
pasar konsumen
- Variabel geografi
- Variabel demografi
Variabel tersebut, antara lain: umur, keluarga, siklus
hidup, pendapatan, pendidikan, dll.
- Variabel psikologis
Variabel tersebut, antara lain: kelas sosial, gaya hidup,
dan kepribadian.
Variabel tersebut, antara lain: manfaat yang dicari, status
pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.
Dasar–dasar segmentasi pada pasar
industri
- Tahap 1, yaitu menetapkan segmentasi makro, yakni pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.
- Tahap 2, yaitu sikap terhadap penjual, ciri–ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.
Pembagian segmen pasar:
1. Segmentasi pasar konsumen
Yaitu membentuk segmen pasar dengan
menggunakan ciri-ciri konsumen (consumer characteristic), kemudian perusahaan
akan menelaah apakah segmen-segmen konsumen ini menunjukkan kebutuhan atau
tanggapan produk yang berbeda.
2. Segmentasi pasar bisnis
2. Segmentasi pasar bisnis
Yaitu membentuk segmen pasar dengan
memperhatikan tanggapan konsumen (consumer responses) terhadap manfaat yang
dicari, waktu penggunaan, daan merek.
3. Segmentasi pasar yang efektif (Fandy Ciptono, 2001)
* Dapat diukur (measurable), ukuran, daya beli, profil segmen;
* Besar segmen (subtantial): cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani;
* Dapat dijangkau (accessible): dapat dijangkau dan dilayani secara efektif;
* Dapat dibedakan (differentiable): secara konseptual dapat dipisahkan dan memberi tanggapan yang berbeda terhadap elemen dan program bauran;
* Dapat diambil tindakan (actionable): program yang efektif dapat dirumuskan untuk menarik dan melayani segmen tersebut.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar