LINGKUNGAN
PEMASARAN
A.
Pendekatan
system dalam pemasaran
Ada enam
pendekatan untuk menganalisis
permasalahan yang kompleks dalam pemasaran hasil pertanian, yaitu :
1. Pendekatan
Komoditi ( commodity approach)
Pendekatan komoditis meliputi
karakteristik dari produk / komoditi yang dipasarkan, situasi penawaran dan
permintaan didalam negeri dan
intersional, tingkah laku konsumen dalam hubungannya terhadap produk yang spesifik,
serta harga diberbagai tingkat lembaga(petani, pedagang besar dan eceran).
2. Pendekatan
kelembagaan (Institusional approach)
Adalah metode untuk menganalisis
berbagai lembaga/orang yang terlibat dan bagaimana struktur dari lembaga
tersebut dalam proses pemasaran.
3. Pendekatan
fungsional (functional approach)
Metode untuk mempelajari system
pemasaran dengan mengklarifikasikan fungsi fungsi apa saja yang diterapkan pada
proses pemasaran suatu produk.
4. Pendekatan
analitis (efisiensi pasar)
Pendekatan efisiensi pemasaran
dilakukan untuk mengukur penampilan pasar (maret performance)
5. Pendekatan
organisasi industry (market structure, Conduct, and performance-SCP)
Merupakan suatu kerangka untuk
mengetahui sebab akibat mengapa system pemasaran berjalan secara tidka fair
(adil) dan tidak efisien.
6. Pendekatan
manajemen pemasaran (marketing management)
Adalah proses yang dilakukan oelh
perusahaan dan organisasi untuk mengembangkan dan mengempletasikan
program-program yang dapat membantu
mereka dalam memuaskan konsumen dan
menciptakan keuntungan.
B.
Lingkungan
pemasaran mikro (Pemasok, Perantara, Pelanggan, Pesaing)
Lingkungan
Pemasaran dibedakan :
1.
Lingkungan
Mikro
è
terdiri dari para pelaku dalam lingkungan yang
langsung berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk
melayani pasar.
Yaitu
: - Perusahaan - Pelanggan
-
Pensuplai
bahan baku -
Pesaing
-
Para
perantara - Anggota masyarakat
2.
Lingkungan
Makro
è terdiri dari
kekuatan-kekuatan yang bersifat kemasyarakatan yang lebih besar dan yang
mempengaruhi semua pelaku dalam lingkungan mikro perusahaan.
Yaitu : -
Kependudukan -
Teknologi
-
Ekonomi -
Politik dan hukum
-
Fisik -
Sosial/budaya
Ad. 1.
Lingkungan Mikro
1.
Perusahaan
Manajemen pemasaran harus
bekerjasama dengan kelompok-kelompok lainnya dalam perusahaan untuk merancang
dan melaksanakan rencana-rencana pemasarannya.
2. Pemasok
(supplier)
adalah
: perusahaan-perusahaan dan individu yang menyediakan sumberdaya yang
dibutuhkan oleh perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi barang dan jasa
tertentu.
3. Para Perantara Pemasaran (Marketing
Intermediaries)
adalah : perusahaan-perusahaan yang
membantu perusahaan itu dalam promosi,
penjualan dan distribusi barang-barangnya kepada para pembeli terakhir.
Perantara pemasaran meliputi :
a.
Perantara
adalah
: perusahaan dagang yang membantu perusahaan untuk
menemukan pembeli dan/atau menutup
penjualan dengan mereka.
Perantara terbagi menjadi :
s Agen Perantara (seperti : agen, pialang
dan perwakilan produsen) yang mencari dan menemukan para pelanggan dan/atau
melakukan perjanjian dengan pihak lain, tetapi tidak memiliki hak atas barang
dagangannya.
s
Pedagang
perantara (seperti : pedagang besar, pengecer dan para penjual kembali lainnya)
yang membeli suatu produk, memiliki produk-produk tersebut, serta menjualnya
kembali sebagai barang dagangan.
Perantara menciptakan :
-
kegunaan dari segi tampat, kegunaan dari sudut rupa-rupa,
-
kegunaan dari sudut waktu, kegunaan dari sudut memperoleh barang.
-
kegunaan dari sudut kuantitas,
b.
Perusahaan
Distribusi Fisik
è membantu perusahaan dalam penyimpanan dan
pemindahan produk dari tempat asalnya ke tempat-tempat pengiriman yang dituju.
Perusahaan distribusi fisik terdiri dari :
s Perusahaan
Pergudangan
è menyimpan dan
melindungi barang-barang sebelum dikirim ke tujuan berikutnya
s Perusahaan
Transportasi
è membawa produk (barang) dari satu tempat ke tempat lain
c.
Para
Agen Jasa Pemasaran
Seperti
: perusahaan atau lembaga penelitian pemasaran, agen periklanan, perusahaan
media dan perusahaan konsultasi pemasaran.
è membantu
perusahaan dalam rangka mengarahkan dan mempromosikan produknya kepasar yang
tepat.
d. Perantara Keuangan
è membantu
dalam segi keuangan dan/atau risiko yang diasuransikan sehubungan dengan
pembelian atau penjualan barang.
4.
Pelanggan
Perusahaan menyediakan produk (barang dan jasa) kepada
pasar sasarannya. Pasar sasaran dapat terdiri dari hanya satu atau lebih dari
lima macam pasar pelanggan berikut :
a.
Pasar
Konsumen
adalah : individu-individu dan rumah
tangga yang membeli produk (barang dan jasa) untuk konsumsi pribadi.
b.
Pasar
Industri
adalah
: organisasi yang membeli
produk dan jas
yang dibutuhkan untuk memproduksi produk-produk dan jasa-jasa
lainnya dengan maksud memperoleh keuntungan dan atau mencapai sasaran lain.
c.
Pasar
Penjual Kembali
adalah : organisasi yang
membeli produk dan
jasa dengan maksud
menjual kembali barang dan jasa itu agara memberikan keuntungan bagi
mereka.
d.
Pasar
Pemerintah
adalah
: lembaga-lembaga pemerintah
yang membeli produk
dan jasa agar menghasilkan pelayanan kepada masyarakat
umum, atau mengalihkan barang dan jasa kepada pihak lain yang membutuhkannya.
e.
Pasar
Internasional
adalah : pembeli yang terdapat
di luar negeri, termasuk konsumen, produsen, penjual kembali dan pemerintah
asing.
5.
Pesaing
Perlu
diidentifikasi, dimonitor dan dikalahkan untuk memperoleh dan memeprtahankan
kesetiaan pelanggan kepada perusahaan yang bersangkutan.
Cara
terbaik bagi suatu perusahaan untuk menguasai atau memenangkan persaingan
adalah : dengan mengambil sudut
pandangan pelanggan
Tipe
pesaing dibedakan :
- pesaing macam-macam keinginan, c. pesaing jenis produk,
- pesaing jenis-jenis pemuas keinginan, d. pesaing merk dagang.
Untuk bisa bersaing secara efektif, perusahaan harus
mengindahkan 4 dimensi pokok dalam kedudukan pasarnya, yang dikenal dengan
sebutan 4C, yaitu yang terdiri dari :
- Keadaan Pelanggan (Customers) c. Persaingan (Competition)
- Saluran Distrbusi (Chanels) d. Ciri-cirinya sendiri sebagai sebuah
perusahaan
(Company)
C.
Lingkungan
Pemasaran Makro (demografi, ekonomi, teknologi, sosbud, dll)
LINGKUNGAN
MAKRO
Yaitu kekuatan masyarakat yg lebih
luas yg mempengaruhi seluruh lingkungan mikro pemasaran perusahaan yang
mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap pemasaran.
Lingkungan makro terdiri dari :
a. Demografi
Adalah bidang studi tentang populasi
manusia menurut besar, kepadatan, lokasi, umur, jenis kelamin, pekerjaan, dan
statistik lainnya.
b. Geografi
Yaitu lingkungan yang dibedakan
berdasarkan letak wilayah.
c. Ekonomi
Yaitu factor-faktor yang mepengaruhi
daya beli dan pola pembelanjaan konsumen. Daya beli total tergantung pada
pendapatan, harga, tabungan, dan kredit pada waktu yang bersangkutan.
Pemasar harus mengetahui kecenderungan
utama dalam pendapatan, dan harus selalu sadar akan adanya pola pembelanjaan
konsumrn yang terus berubah.
d. Lingkungan Teknologi
Yaitu terdiri dari kekuatan-kekuatan
yg mempengaruhi teknologi baru, yang menciptakan produk baru dan peluang-peluang
pasar yang baru. Pemasar harus memperhatikan kecenderungan-kecenderungan
teknologi berikutnya, antara lain :
-
cepatnya laju perubahan teknologi
-
peluang-peluang yang tak terbatas
-
tingginya anggaran litbang
-
meningkatnya peraturan
- dll
e. Politik
Lingkungan ini terdiri dari
undang-undang, instansi pemerintah, dan kelompok penekan yg mempengaruhi dan
membatasi organisasi dan pribadi dalam masyarakat.
Kecenderungan politik utama yg
mempengaruhi manajemen pemasaran adalah :
-
undang-undang yg mengatur perusahaan
-
perubahan pelaksaan undang-undang
pertumbuhan kelompok pembela
kepentingan publik
f. Lingkungan Budaya
Lingkungan budaya (cultural) terdiri
dari lembaga-lembaga dan kekuatan lain yg mempengaruhi nilai dasar, persepsi,
preferensi, dan perilaku masyarakat.
B.
MENGHADAPI LINGKUNGAN PEMASARAN
1. Sebagai lingkungan yg tidak bisa
dikendalikan, perusahaan harus menyesuaikan diri, misalnya :
-
lingkungan geografi,
-
dan lingkungan demografi
2. Sebagai lingkungan yg bisa
dikendalikan, sehingga perusahaan mengambil langkah agresif untuk mempengaruhi
lingkungan, misalnya :
-
konsumen,
-
dan pemasok
http://ilmunya-mm2012.blogspot.com/2013/05/lingkungan-pemasaran-makro-dan-mikro.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar